Pengaruh Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa
Abstract
Tujuan dari penelitianaini yaitu untuk menganalisis: 1) pengaruhnantara penggunaan model kooperatif tipe Grup Investigation (GI) melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitifnFisika siswa. 2) pengaruh antara sikap ilmiah siswa tinggi danmrendah terhadap kemampuanmkognitif siswa. 3) interaksi antara model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan metode pembelajaran eksperimen dan demonstrasi dengan sikap ilmiah siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa.nPenelitiannini menggunakanmmetode eksperimenmdengan desainmfaktorial 2x2. Populasimdalam penelitianmini adalahnseluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Sukoharjo TahunnAjaran 2017/2018. Sampelndiambil denganmteknik cluster randolsampling. Sampelndalam penelitian ini terdirindari dua kelas yaitu kelas XnMIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XnMIA 2 sebagai kelas kontrol yangmmasing-masing berjumlahm36 siswa. Sebelum diberikan perlakuan, pada kedua sampel dilakukan uji beda rerata menggunakan uji-tmdua ekor yang didahului oleh uji prasyarat analisis normalitasndan homogenitas. Hasil yang didapatkan berdasarkan perhitungan prasyarat analisis adalah kedua kelas normal dan homogen. Sedangkan hasil yang didapatkan melalui uji-t dua ekor adalah kedua kelas tidak memiliki perbedaan keadaan awal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kajian dokumentasi,teknik tes dan angket. Datamdianalisis menggunakan anavamdua jalanmdengan isimsel takmsama. Simpulan dari penelitian eksperimen ini adalah: (1) ada pengaruh antara penggunaan antara model kooperatif tipe Group Investigation (GI) melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa Fobservasi = 9,51 > Ftabel = F0,05;1;68= 3,98, (2) ada pengaruh antara sikap ilmiah siswa tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa Fobservasi =6,77 > Ftabel = F0,05;1;68= 3,98 (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa Fobservasi = 1,13 < Ftabel =F0,05;1;68= 3,98.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anonim. 2017, Jendela Pendidikan dan Kebudayaan, ,http://jendela.data.kemdikbud.go.id/jendela/ index.php/chome/dashboard/, 9 Desember 2017.
Daryanto dan Rahardjo, Mulyo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gaya Media.
Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. (1991). Strategi Balajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Yogyakarta: Diva Press.
Lubis, Rajo Hasim. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient Siswa”. Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 1.
Majid,
Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murtini, Lis. 2015. “Eksperimentasi Pembelajaran Fisika Berbasis CTL melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi pada Materi Alat Optik Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa di SMA”. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) ISSN : 2302-7827, Volume 6 Nomor 1.
Sangadji, Sopiah. 2016. “Implementation of cooperative learning with group investigation model to improve learning Achievement of vocational school students in Indonesia”. International Journal of Learning & Development ISSN 2164-4063 Vol. 6, No. 1: 91-103.
Sutikno. 2014. Metode & Model-model pembelajaran: menjadikan proses pembelajaran lebih variatif, aKrif, inovatif, efektif dan menyenangkan. Lombok: Holistica
Trianto. 2010. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Wahyuni, Dwi. 2014. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI MA Alkhairaat Kalangkangan”. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) ISSN 2338 3240, Vol. 2 No. 1.
Wajdi,
Badrul. 2016. “Penerepan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Berbasis Observasi Gejala Fisis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa pada Pembelajaran IPA”. Jurnal Pendidikan Fisika ISSN : 2442-4838, Vol. 4 No. 2.
Yuandini, Feggi. 2017. “The Effect of Cooperative Learning Model Type Group Investigation Assisted Flash Media, Scientific Attitude on Students’ Conceptual Knowledge”. Journal of Education and Practice ISSN 2222-288X (Online) Vol.8, No.17.
Yuliani, Hadma. 2012. “Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Ketrampilan Proses dengan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kemampuan Analisi”. Jurnal Inkuiri ISSN : 2252-7893, vol. 1, No. 3: 207-216.
Refbacks
- There are currently no refbacks.