Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Sebagai Upaya Optimalisasi Kontribusi Anggota Kelompok Dalam Praktikum IPA Materi Cahaya

E Emma Widyaningsih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerja sama menyelesaikan masalah dengan anggota kelompoknya dalam praktikum IPA dan untuk meningkatkan hasil pembelajaran IPA bagi siswa-siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta.

Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan yaitu bulan Maret sampai Mei 2016 di Kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta. Untuk mengoptimalkan keterlibatan anggota kelompok dalam praktikum IPA digunakan Model  pembelajaran kooperatif tipeTeam Assisted Individualization (TAI).Data diambil dengan  lembar observasi, lembar penilaian teman sebaya serta nilai ulangan harian. Langkah yang dilakukan yaitu memberikan tugas literasi;  memberikan pertanyaan secara individual kepada siswa untuk dikerjakan secara mandiri; membentuk kelompok praktikum, mendiskusikan hasil pekerjaanindividual dalam kelompok, memberikan penghargaan pada kelompok siswa yang berhasil mengoptimalkan kerjasama dalam praktikum secara aktif. memberikan  rewarddan punishment.

Hasil penelitian tentangkemampuan siswa dalam bekerjasama dalam kelompok dalam dua siklus :Pembagian tugas kepada setiap anggota kelompok secara adil, dari69% meningkat menjadi 76,5%; Keterlibatan secara aktif setiap anggota dalam penyelesaian tugas kelompok, dari62,8% meningkat menjadi  82,8%; Melaksanakan tugas yang diberikan secara maksimal/benar,dari 70% meningkat menjadi  84,3%; Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dari69% meningkat menjadi  81,25%. Hasil angket teman sebayauntuk siklus pertama dan kedua:  terlibat aktif dalam tugas, dari  67,2 % meningkat menjadi 75%; Berbagi tugas kelompok secara adil, dari73,4% meningkat menjadi  77,3%; Melaksanakan tugas yang diberikan pada kelompok secara maksimal, dari74,21% meningkat menjadi 84.5%; Peduli terhadap kesulitan anggota kelompok, dari69,5% meningkat menjadi 81,25%. Keterlibatan aktif anggota kelompok ini juga berdampak pada kenaikan nilai rata-rata ulangan harian yaitu, siklus 1 75.53 menjadi 79.89 dan 79.63 pada siklus kedua. Dari ketuntasan 50% pada siklus pertama menjadi 71,875% dan 81,25% pada siklus kedua.

Keywords

Model TAI; kontribusi anggota kelompok

Full Text:

PDF

References

Badruzaman. 2011. Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Tindakan pada Siswa Kelas VIII A di MTs Ma'hadut Tholabah Babakan Lebaksiu Tegal). http://eprints.walisongo.ac.id/110/(14 Juni 2015)

Daryanto, dkk. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Dina Astuti. 2013. Peningkatan Kemandirian Belajar Matematika melalui Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). http://eprints.ums.ac.id/24613/23/02._naskah_publikasi_ilmiah.pdf (21Juni 2015 )

Paul Eggen, e.t.c. 2012. Strategic And Models For Teacher. Jakarta:Indeks

Pusat Kurikulum. 2007. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta : Balitbang

Ria Adistyasari. 2013. Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Kerjasama Anak Dalam Bermain Angin Puyuh. http://eprints.walisongo.ac.id/110/ (20 Juni 2015)

Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Penerbit Nusa Media

Sutarjo Adisusilo, J.R. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta : Rajawali Pers

Sofan Amri. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Wilda Ruandini, dkk. 2012. Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa SMP N 14 Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/229 (25 Juni 2015)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.