Kajian Proporsi Aktivitas Fisik dan Kognitif pada Pembelajaran Aktif Fisika: Model Pembelajaran Jigsaw

Gadhis Maretta Ayu Sandra, Debora Natalia Sudjito, Wahyu Hari Kristiyanto

Abstract

Pembelajaran aktif sudah semestinya memfasilitasi siswa beraktivitas fisik dan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kesesuaian tujuan pembelajaran dengan mengkaji proporsi aktivitas fisik dan kognitif pada pembelajaran aktif materi Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan sampel RPP dan video pembelajaran Fisika yang menerapkan model Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi antara aktivitas fisik dan kognitif relatif lebih tinggi aktivitas kognitifnya. Hasil kajian proporsi aktivitas fisik dan kognitif yang terlihat dari persentase sudah sesuai dengan indikator namun perlu meninjau kembali langkah pembelajarannya supaya aktivitas kognitif lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan aktivitas fisiknya. Simpulan penelitian ini adalah RPP dan video sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, namun pada langkah pembelajaran perlu ditambahkan atau disisipkan kegiatan yang dapat menambah aktivitas kognitifnya agar lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan aktivitas fisiknya sehingga perlu direvisi. Pendidik disarankan untuk menambahkan atau menyisipkan aktivitas kognitif supaya dapat memperbesar perbedaan aktivitas fisik dengan kognitifnya. Selain itu, ketika siswa diminta berdiskusi dengan membentuk kelompok asal dan kelompok ahli sebaiknya pendidik juga perlu memberikan penjelasan secara teknis dan bertanggung jawab atas kebenaran konsep saat siswa berdiskusi di kelompok asal dan kelompok ahli.

Keywords

aktivitas fisik; aktivitas kognitif; pembelajaran aktif; jigsaw

Full Text:

PDF

References

Almatsier, S. 2002. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia.

Batlolona, J. R., dan Haumahu, M. M. 2016. Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Pada konsep Listrik Dinamis Dengan Menerapkan Media Interaktif Siswa Kelas X SMA Kristen YPKPM Ambon. Prosiding Seminar Nasional PIF XXVII. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hertiavi M. A. dkk. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (2010) Vol. 6, No.1: 53-57.

Jumarmi, S. dkk. 2013. Penerapan Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa di SMP . Jurnal Pendidikan Fisika (2013) Vol. 1, No. 2: 34-40.

Kristiyanto, W.H. 2014. Implementasi Active Learning Melalui Desain RPP Pada Penerapan Kurikulum 2013 Untuk Mata Pelajaran IPA SMP/MTs. Prosiding Seminar Nasional ALFA III. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kristiyanto, W.H. dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Perkuliahan Fisika Inti Menggunakan Media Pembelajaran sebagai Panduan Tugas. Prosiding Seminar Nasional ALFA VI. Klaten: Universitas Widya Dharma.

Kristiyanto, W.H. 2017. Implementasi Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan Baru. Prosiding Seminar Nasional ALFA VII. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Nurhaeni, Y. 2011. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IX SMP N 43 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12, No. 1: 69-80.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Priyambodo, P ., dan Situmorang, R.P . 2017. Antigen Antibodi Pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Belajar.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas XI semester I tentang Pemanasan Global.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas XI semester II tentang Alat-alat Optik.

Syarifudin, A. 2011. Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran. TA'DIB, Vol. XVI, No. 02: 209-226.

Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarna, I. P. 2016. Praktek Pembelajaran Fisika Jigsaw dan Role Play 2016. YouTube diakses tanggal 15 Agustus 2017.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wahyono, H. 2014. Pendekatan Ilmiah dan Pembelajaran Aktif: Inovasi Peningkatan Kualitas Peserta Didik (?). Prosiding Seminar Nasional ALFA III. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Wardhani, R. P. K, dkk. 2014. Media Video Kejadian Fisika Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jember: Universitas Jember.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.