Eksperimen Model Pembelajaran SAVI dan PBL Materi Gerak Lurus Kelas X MIA SMA N 4 Surakarta Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif antara siswa yang diberi pembelajaran SAVI dan PBL; 2) ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah; 3) ada tidaknya interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran SAVI dan PBL dengan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan kognitif siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 4 Surakarta.Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) ada perbedaan kemampuan kognitif siswa yang diberi pembelajaran SAVI dan PBL (Fa=4,13>F0,05;1;52= 4,00). Kemampuan kognitif siswa yang diberi perlakuan PBL lebih tinggi daripada yang diberi pembelajaran SAVI, 2) ada perbedaan kemampuan kognitif antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan kemampuan berpikir kritis rendah (Fb=7,35>F0,05;1;52=4,00). Kemampuan kognitif siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; dan 3) tidak ada interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran SAVI dan PBL dengan kategori kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa (Fab = 0,06 < F0,05;1;52 = 4,00).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, Nuryati. (2004). Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) Dalam Pembelajaran Matematika di SMU”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 051, Tahun Ke-10, November 2004, hal 833
Anderson LW., Krathwohl DR. (2001). A taxonomy for learning, teaching and assessing. New York : Longman
Cahyo, Agus N. (2013). Panduan Aplikasi Teori- Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta : DIVA Press
Charir, Widad Eva Hajar. (2010). Implementasi Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika dan Berfikir Kritis Siswa. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Islam Sunan Kalijaga
Costa, A. L. (1985). Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia : Association for Supervision and Curriculum Development
EL-Shaer, A & Gaber, H . (2014). Impact of Problem-Based Learning on Students`Critical Thinking Dispositions, Knowledge Acquisition and Retention. Journal of Education and Practice, 5(14), hlm. 74-85
Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking. New Jersey: Prentice-Hall Inc
Husnidar, Ikhsan,M., & Rizal, Syamsul.(2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. Paedagogia: Jurnal Didaktik,1 (1), 74-75
Listiani,Waode. (2016). The Enhancement Of Mathematical Critical Thinking Skills and Self- Efficacy at Senior High School Students Through Learning Based Problems Contextual Model. Journal of Mathematics Education. Vol. 1, No. 2. hlm 55-61
Meier, D. (2002). The Accelerated Learning Handbook. Terj. Rahmani Astuti. Bandung: Penerbit Kaifa. (Buku asli diterbitkan 2000)
Muniroh, Maftukhin, A., & Sriyono.(2015). Efektivitas Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran 2014/2015. Paedagogi : Radiasi,7(1),36-39
Mutoharoh (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa.Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Setiawan,G.C., Suprihati,T., & Astutik,S.(2012). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Media Komputer Makro Media Flash. Jurnal Pembelajaran Fisika (JPF), 1(3),291
Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif . Surakarta: Yuma Pustaka
Susana & Sriyansyah. (2015). Analisis Didaktis Berdasarkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF). 1 (2), 40
Syah,Muhibbin.(2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Warsono & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung: PT Rosdakarya Offset
Refbacks
- There are currently no refbacks.