Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah Fisika Atom dan Inti pada pokok bahasan Reaksi Inti untuk mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika

Raden Oktova, Hijjiyana Hijjiyana, Sarif Hidayatuloh

Abstract

Fisika Atom dan Inti adalah salah satu mata kuliah wajib pada  program studi S-1 Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Dalam kegiatan pembelajaran mata kuliah tersebut, penulis mengamati bahwa mahasiswa kurang memiliki motivasi untuk belajar secara mandiri. Sebagai salah satu alternatif solusi masalah ini telah dikembangkan suatu modul pembelajaran pada pokok bahasan Reaksi Inti dalam bahasa Indonesia yang disajikan dengan ringkas, menarik dan praktis.  Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang terdiri atas tahap-tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Untuk mengetahui kelayakan modul, dilakukan validasi oleh dua orang dosen ahli materi, dan uji coba modul oleh pengguna sebanyak 10 orang mahasiswa. Persepsi para ahli digali melalui angket dan dianalisis secara deskripstif menggunakan persentase tingkat kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan menurut ahli materi rata-rata sebesar 85,42%, sedangkan dari respon pengguna diperoleh tingkat kelayakan rata-rata sebesar 88,33 %. Dapat disimpulkan bahwa  modul pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.

Kata kunci: modul pembelajaran, Fisika Atom dan Inti, Reaksi Inti.

Keywords

modul pembelajaran, Fisika Atom dan Inti, Reaksi Inti.

Full Text:

PDF

References

Aldoobie, N., 2015. ADDIE Model, American International Journal of Contemporary Research, vol. 5 no. 6, pp. 68-72.

Barua, A., 2013, Methods for Decision-Making in Survey Questionnaires Based on Likert Scale, Journal of Asian Scientific Research, vol. 3, no. 1, pp. 35-38.

Muruganantham, G., 2015. Developing of E-Content Package by using ADDIE Model, International Journal of Applied Research, vol. 1, no. 3, pp. 52-54.

Croasmun, J. T., dan Ostrom, L., 2011. Using Likert-Type Scales in the Social Science, Journal of Adult Education, vol. 1, no. 40, pp. 19-22.

Fitri, L. A, Kurniawan, E. S., dan Ngazizah, N., 2013. Pengembangan Modul Fisika Pada Pokok Basan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains untuk Mengoptimalkan Mind-On Siswa SMA Negeri 2 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013, Radiasi, vol. 3, no. 1, pp. 19-23.

Prastowo, A., 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yogyakarta: Diva Press.

Pratama, H., Sarwanto, dan Cari, 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika SMP Kelas IX Berbasis Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada Materi Gerakan Bumi dan Bulan yang Terintegrasi Budaya Jawa, Jurnal Inkuiri, vol. 4, no. 1, pp. 11-20.

Sari, P., dan Oktova, R., 2010. Pemanfaatan Web Builder untuk Perancangan Media Pembelajaran Online tentang Pengaruh Rotasi Bumi terhadap Gerak Bandul Matematis, Berkala Fisika Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 54-63.

Serway, R. A., dan Jewwett, J. W., .2009. Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 3 (Edisi 6), Jakarta: Salemba Teknika

Refbacks

  • There are currently no refbacks.