Remediasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) pada Materi Usaha dan Energi Kelas X SMA Negeri 5 Surakarta

Sri Yuliatun, Sukarmin Sukarmin, Surantoro Surantoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa melalui remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) pada materi Usaha dan Energi kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Surakarta semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan rancangan pre-test and post-test group. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, pre-test dan post-test. Validasi data menggunakan teknik validasi instrumen yang terdiri dari tingkat kesukaran, daya pembeda, uji validitas, uji reliabilitas, dan efektivitas distraktor. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remediasi pembelajaran Fisika menggunakan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Siswa yang mencapai KKM pada saat pre-test sebesar 3,125 %. Setelah dilakukan pembelajaran remediasi dengan model pembelajaran SAVI, siswa yang mencapai KKM pada saat post-test meningkat menjadi 90,625 %.

Kata kunci : remediasi, SAVI, kognitif, Usaha dan Energi

Keywords

remediasi, SAVI, kognitif, Usaha dan Energi

Full Text:

PDF

References

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Bumi Aksara.

Jihad, Asep & Haris, Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin.(2013). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Meier, Dave.(2005). The Accelerated Learning Handbook. Terj. Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.

Natih Nena L., Ni Pt, I Km Ngurah Wiyasa, Ni Nym. Ganing. (2013). Pendekatan Pembelajaran Somatic Auditory Visual And Intellectual (SAVI) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sd No.1 Kuta. MIMBAR PGSD. Diperoleh 14 Desember 2017 dari www.ejournal.undhiksha.ac.id.

Pujiastuti, E, B Waluya, Mulyono. (2018). Tracing for The Problem-Solving Ability in Advanced Calculus Class Based on Modification of SAVI Model at Universitas Negeri Semarang. Journal of Physics : Comference Series, 983(1), 12081. Diperoleh 8 Agustus 2018 dari https://www.scopus.com.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wijaya, Cece. (2007). Pendidikan Remedial Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.