Pemanfaatan “Palu Batik” dalam Pembelajaran Fisika Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa SMA Melalui Model Discovery Learning

Salpan Salpan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar dan motivasi Siswa terhadap  pelajaran  fisika  materi  gerak  dan  gaya melalui  model  discovery learning  dengan menggunakan media “Palu Batik”. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA-2 semester 1 SMA Negeri 3 Cilacap Tahun Pelajaran 2017/2018. Tindakan dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus dua pertemuan. Pada siklus I siswa terbagi dalam empat kelompok masing-masing terdiri delapan Siswa, siklus II terbagi dalam enam kelompok terdiri lima sampai dengan enam siswa dengan metode ceramah, eksperimen dan diskusi. Instrumen pengumpulam data prestasi berupa soal ulangan harian yang diberikan setiap akhir pertemuan, sedangkan instumen data motivasi berupa lembar observasi dan lembar penilaian teman sejawat. Data prestasi setiap siklus merupakan nilai rata-rata dari dua ulangan harian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi siswa pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84,38% dengan nilai rata-rata 79,08, motivasi siswa pada kategori tinggi 62,5% dan kategori rendah 37,5%. Prestasi pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal hanya 71,88% dengan nilai rata-rata 71,91, motivasi siswa pada kategori tinggi 90,63% dan kategori rendah 9,39%.

 

 

Kata kunci:  Palu Batik, Prestasi Belajar, Motivasi Siswa, Discovery Learning

Keywords

Palu Batik, Prestasi Belajar, Motivasi Siswa, Discovery Learning

Full Text:

PDF

References

Amalia Atmaja Putri.2015. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika dengan Model Discovery learning disertai Metode Ekspe-rimen pada Siswa Kelas X IPA-2 SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2014-2015 (Pokok Bahasan: Fluida Statis). http://www.jurnal-ptkfisika. Diunduh Tanggal 14 September 2017.

Anitah S. 2008. Media Pembelajaran. Solo: UNS Press.

Dananjaya, U. 2011. Media Pembelajaraban Aktif. Bandung: Nuansa

Destrika Kumalasari, Sudarti, Djoko Lesmono. 2013. Dampak Hasil Belajar Ipa-Fisika Siswa Di MTs Negeri 1 Jember. Pendidikan Fisika. Jurnal PTK. Diunduh tangal 14 September 2017.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. 2006. Kumpulan Permendiknas Tentang Standar Nasional Pendidikan dan Panduan KTSP. Departeman Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Ikhsanudin, E. 2014. Pembelajaran Model Discovery Learning. http://www. Ekaikhsanu-din.net/2014/12/pembelajaran-model-discovery-learning. html. diunduh tanggal 28 September 2017

Fitri Megasari. 2014 Penerapan Model Pembe-lajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Artikel ilmiah. http://www.jurnalptkfisika. Diunduh tanggal 14 September 2017.

Indarti, Agus Suyudi, Chusnana I.Y. Pengaruh Model Discovery learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X Sman 8. Malang Universitas Negeri Malang. http://www.jurnalptk-fisika. Diunduh tanggal 14 September 2017

Isjono. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkat-kan Kecerdasan Komunikasi Antar Siswa. Yogyakarta

Pereraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebuda-yaan Republik Indonesia.

Poerwadarminta, WJS. 2001. Kamus Besar Bahasa . Jakarta: Balai Pustaka

Putri Alifatul Rakhmadani, Sudarti, I Ketut Mahardika. 2014. Pengaruh Model Discovery learning disertai Media Audiovisual terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar IPA siswa di SMPN Jember. Pendidikan Fisika UNEJ. http://www.jurnalptkfisika. Diunduh tanggal 14 September 2017.

Salpan. 2016. Peningkatan Prestasi Belajar dan Keaktifan Siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 3 Cilacap melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Inovatif dan Software Pesona Fisika Materi Teori Kinetik Gas Tahun 2015/2016. Penelitian Tindakan Kelas.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorien-tasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suparno. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suprayekti. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Kognitif. Departeman Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Susilana, R. dan Riyana, C. 2007. Media Pembela-jaran. Bandung: CV Wacana Prima

Vivien Dwi Indriyani, Muhardjito, Parno. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kemampuan Kerja Ilmiah Mata PelajarJurusan Fisika Siswa Kelas X Multimedia 1 SMK Muhammdiyah 1 Pasuruhan. Penelitian Tindakan Kelas. FMIPA Universitas Negeri Malang. http://www.jurnalptkfisika. Diunduh tanggal 14 September 2017.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.