Pengembangan Perangkat Pembelajaran Gerak Parabola dan Fluida Berbasis Mobile Learning untuk Pelaksanaan PPL di SMA

Juli Astono, Suyoso Suyoso, Yusman Wiyatmo

Abstract

Penelitian bertujuan menghasilkan  perangkat pembelajaran berbasis mobile learning yang layak digunakan oleh mahasiswa PPL dengan pokok bahasan Gerak Parabola dan Fluida serta mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan desain ADDIE, aplikasi yang dikembangkan diujicobakan kepada siswa kelas X, dan XI. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada ahli materi, ahli media, guru fisika, dan  peer reviewer untuk menilai kelayakan produk serta angket respon siswa  untuk memberi masukan produk yang dikembangkan. Pengadaan test , pengisian angket, observasi di kelas, dan wawancara untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran mobile learning terpasang di Play Store (FISIKA ASYIK)  layak digunakan untuk pembelajaran Gerak Parabola dan Fluida. Sebagai media pembelajaran dengan pokok bahasan Gerak Parabola kelas X dan Fluida kelas XI yang terpasang pada Play Store, dan mampu membatu siswa untuk mencapai KKM dengan persentase sebesar 60,7% pada materi Gerak Parabola di SMAN 4 Yogyakarta, 39,3% di SMA N 1 Sewon, 30,1 % pada materi Fluida statis di SMA N 4 Yogyakarta dan 35,5% pada materi Fluida Dinamis di SMA N 1 Depok.

 

Kata Kunci :  Mobile Learning, Gerak Parabola-Fluida, PPL

Keywords

Mobile Learning, Gerak Parabola-Fluida, PPL

Full Text:

PDF

References

Asis Syaefuddin dan Ika Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Astra, I Made, Umiatin dan Dian Ruharman. (2012). Aplikasi Mobile Learning Fisika dengan Menggunakan Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Pendukung. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 18(II). Hlm. 174-180. Atlewell,J. (2005). Mobile Technologies and Learning. London: Learning and Skills Development Agency. Beny A Pribadi. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Callahan, T., Hauser, J., and Wawrzynek, J., The Garp Architecture and C Compiler, Computer, vol. 33, no. 4, pp. 62-69, 2000. Gokhale, M. and Graham, P.S., Reconfigurable Computing, Springer, 2005. Haris Mudjiman. (2006). Belajar Mandiri.Solo: UNS Press. Ishak Abdulhak dan Deni Darmawan. (2013). Teknologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nazruddin Safaat H. (2011). Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika. Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.