Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta

Alifia Kurnia Kurnia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi Usaha dan Energi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 sebanyak 31 siswa. Data hasil observasi, data hasil angket, dan wawancara kerjasama siswa dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penerapan model TGT dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan kerjasama siswa jika rata-rata  keseluruhan aspek kerjasama mencapai ≥ 75%. Berdasarkan dari hasil analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa: kerjasama siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi Usaha dan Energi mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournamen. Persentase rata-rata kemampuan kerjasama siswa pada pra siklus, Siklus I dan Siklus II berturut-turut berdasarkan indikator kerjasama meningkat dari 37 % pada prasiklus menjadi 64 % pada Siklus I dan menjadi 83% pada Siklus II.

 

Kata kunci: Team Games Tournamen, Kerjasama, Usaha dan Energi

Keywords

Team Games Tournamen, Kerjasama, Usaha dan Energi

Full Text:

PDF

References

Azwar, Saifuddin. (2007). Metode Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Djamarah, S.B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Huda, Miftahul. (2014). Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nurnawati, Yulianti, & Susanto. (2012). Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, 1 (1), 2-7

Slavin, RE. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Diterjemahkan oleh Nurlita Yusron. Bandung: Nusa Media

West, Michael. (2002). Kerja Sama Yang Efektif. Terj. Srikandi Waluyo. Yogyakarta: Kanisius.

Wina, Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Refbacks

  • There are currently no refbacks.