Pembuatan Alat Percobaan Hukum II Newton dengan Sensor Cahaya Photodioda

Yohanes Radiyono, Ahmad Fauzi, Surantoro Surantoro, Wirdiyatusyifa Wirdiyatusyifa

Abstract

Jurnal ini menjelaskan pembuatan alat percobaan Hukum II Newton untuk menunjukkan hubungan antara percepatan, massa dan gaya dengan sensor cahaya photodioda. Alat ini dapat menghitung waktu dan kecepatan secara otomatis. Alat percobaan Hukum II Newton tersusun dari papan kayu sebagai lintasan yang panjangnya1,2 m dan lebar 35 cmyang disetiap jarak 15 cm terdapat sensor cahaya photodioda yang berhadapan dengan LCD yang berjumlah 6 sensor cahaya photodioda dan 6 LED, trolly, blackbox bagian dalam berisi arduino uno yang berisi coding dan resistor, tombol push button.Laptop dihubungkan dengan blackbox untuk menampilkan data praktikum. Tombol push button terdapat pada blackbox yang digunakan untuk mereset data praktikum. Ketika trolly diluncurkan pada lintasan maka sensor pertama akan mendeteksi letak trolly, setelah sampai ke sensor terakhir kemudian tampilan layar pada laptop akan menampilkan data waktu dan kecepatan trolly saat bergerak. Dalam pengukuran percepatan menggunakan dua variasi yaitu massa trolly tetap dan gaya tetap. Alat percobaan ini memiliki keunggulan yaitu: mudah untuk digunakan dan alat ini dilengkapi dengan sensor cahaya photodioda. Selain itu keunggulan dari alat ini adalah pada saat praktikum tidak perlu menggunakan meteran dan stopwatch karena sudah terpasang pada sensor cahaya photodioda yang diletakkan setiap jarak 15 cm pada lintasan alat dan dapat menghitung waktu dan kecepatan otomatis sehingga data yang dihasilkan akan lebih akurat dan data tersebut akan langsung tertera pada layar LCD. Alat percobaan ini juga memiliki kekurangan yaitu alat ini lebih baik digunakan pada tempat yang redup (tidak terdapat banyak cahaya) karena cara kerja alat percobaan ini dengan membandingkan intensitas cahaya yang diterima oleh sensor photodioda. Jika mendapatkan banyak cahaya alat percobaan ini tidak akan bekerja secara maksimal

Keywords

Alat peraga; Hukum II newton; Sensor cahaya photodioda

References

Fitri, U.R., Desnita & Raihanati. (2015). Pengembangan Alat Peraga Momentum dengan Sistem Sensor. JPPPF – Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1 (2), 75 - 79.

Rochaeni, S., Desnita & Raihanati. (2015). Pengembangan Alat Peraga Fisika SMA Materi Hukum Newton dan Aplikasinya. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, (4), 71 - 75.

Rohmani., Sunarno, W & Sukarmin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi dengan LKS Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X SMA/MA. Jurnal Inkuiri, 4 (1), 152 - 162.

Sagala, S. (2011). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Serway, R., John,W&Jewett, Jr. (2014). FISIKA Untuk Sains dan Teknik Buku 1 Edisi 6 (diterjemahkan oleh Chriswan Sungkono). Jakarta: Salemba Teknika.

Shiha, S.N &Prabowo. (2014). Pengembangan Alat Peraga Percepatan Benda untuk Menunjang Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Inovasi Pendidika Fisika, 2 (3), 180 - 184.

Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Refbacks

  • There are currently no refbacks.