Peningkatan Kemampuan Spasial Anak pada Materi Bangun Datar Melalui Media Papan Berpaku di SD Kelas II
Abstract
Kemampuan spasial sangat dibutuhkan dalam matematika, kemampuan spasial didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengenali dan menggambarkan pola atau objek yang diterima otak mereka Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan spasial matematika anak SD dalam hal menggambar garis lurus, membedakan bangun datar segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, jajar genjang dan trapesium; menggambar bangun datar segitiga sama kaki , segitiga sama sisi, jajar genjang dan trapesium; mengenali titik sudut pada bangun datar segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, jajar genjang dan trapesium. Hal ini di karenakan di SD Minu Lumpur Gresik ditemukan bahwa kemampuan spasial anak sangat kurang. Penelitian ini dilakukan dengan metode PTK untuk memperbaiki keadaan yang ada dengan menggunakan media papan berpaku. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan untuk indikator menggambar garis lurus 75% siswa tidak mampu; 75% siswa tidak mampu dalam membedakan bangun datar segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, jajar genjang dan trapesium; 70% siswa tidak mampu menggambar bangun datar segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, jajar genjang, trapesium dan 35% siswa tidak mampu dalam mengenali titik sudut pada bangun datar segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, jajar genjang dan trapesium. Hal ini di tunjukkan dari hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I presentase ketuntasan 60% dan pada siklus II keberhasilan mencapai 90%. Sehingga disimpulkan bahwa menggunakan media pembelajaran papan berpaku dapat meningkatkan kemampuan spasial matematika anak SD.
Keywords
Peningkatan Kemampuan Spasial; Media Papan Berpaku; Kelas 2 SD
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.