Pengembangan Pop Up Book Hewan Vertebrata dan Invertebrata Pesisir Pantai Gresik untuk Sekolah Dasar

Novi Afifah, Nataria Wahyuning Subayani, Ismail Marzuki

Abstract

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar masih bergantung pada buku teks, sehingga diperlukan media inovatif yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop Up Book khas wilayah pesisir Gresik guna memudahkan siswa mengenali contoh hewan vertebrata dan invertebrata di lingkungan sekitar mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, validasi media dan pembelajaran, angket respon siswa, serta tes kemampuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop Up Book memperoleh nilai validitas sebesar 90% dari ahli media dan materi, dengan hasil belajar siswa meningkat di atas KKM, yaitu rata-rata 90. Respon siswa terhadap media ini juga sangat positif, dengan skor 90% yang dikategorikan sangat praktis. Dengan demikian, Pop Up Book dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif dan menarik dalam menunjang pemahaman siswa tentang hewan vertebrata dan invertebrata di pesisir Gresik.

Keywords

Media Pop Up Book, Hawan Vertebrata, Hewan Invertebrata, Pesisir Gresik, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.