Analisis Pemberian Penguatan Verbal dan Nonverbal Guru Dalam Pembelajaran di Kelas V SD Negeri Sebomenggalan Tahun Ajaran 2024/2025

Haani Aulia Sabina, Moh Salimi

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa membutuhkan penguatan karena dapat menimbulkan dorongan dan semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk penguatan verbal (2) bentuk penguatan nonverbal (3) dampak penguatan verbal dan nonverbal dalam pembelajaran terhadap siswa kelas V di SD Negeri Sebomenggalan. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Sebomenggalan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pemberian penguatan verbal dengan bentuk kata-kata seperti betul sekali, betul, pintar, rajin sekali, hebat, dan good job sebesar 87,75% dan dengan kalimat seperti menasehati siswa sebesar 90,90%; (2) pemberian penguatan nonverbal dengan bentuk gerak isyarat seperti mengacungkan jempol = 81,26%, sentuhan = 77,50%, mendekati = 86,02%, kegiatan yang menyenangkan = 84,76%, simbol/ hadiah = 67,14% (3) dampak pemberian penguatan yaitu meningkatkan perhatian dan motivasi belajar, menumbuhkan rasa percaya diri, dan menciptakan iklim kelas yang kondusif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru sudah memberikan penguatan dalam bentuk verbal dan nonverbal secara signifikan sehingga memberikan dampak positif untuk proses pembelajaran siswa.

Keywords

Penguatan, verbal, nonverbal, dampak, pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.