Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Tentang Hak dan Kewajiban pada Siswa Kelas IVA SDN 2 Pejagoan Tahun Ajaran 2024/2025

Tita Roliatun Hasanah, Muhamad Chamdani

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan langkah-langkah implementasi model Project Based Learning (PjBL), meningkatkan kreativitas siswa, meningkatkan hasil belajar, mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IVA SDN 2 Pejagoan. Data yang digunakan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes. Validitas data berupa triangulasi sumber dan Teknik. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan langkah implementasi model Project Based Learning (PjBL) yaitu: (1) penentuan proyek yang diawali penyampaian topik, (2) perencanaan langkah-langkah penyelesaian proyek, (3) penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, (4) penyelesaian proyek dan monitoring guru, (5) penyusunan laporan dan presentasi hasil proyek, dan (6) evaluasi proses dan hasil proyek. Implementasi model Project Based Learning (PjBL) meningkatkan kreativitas siswa dengan persentase rata-rata siklus I = 75,85%, siklus II 85,80%, siklus III = 87,22%. Implementasi model Project Based Learning (PjBL) meningkatkan hasil belajar siswa, persentase ketuntasan siswa siklus I pertemuan 1 dan 2 sebesar 73% dan 77%, siklus II pertemuan 1 dan 2 sebesar 86% dan 91%, siklus III sebesar 95%. Kendala implementasi model Project Based Learning (PjBL) didominasi sulitnya siswa memahami tata cara pembuatan proyek, sehingga kelas menjadi kurang kondusif. Dapat disimpulkan implementasi model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar Pendidikan Pancasila.

Keywords

Project Based Learning (PjBL), kreativitas, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.