Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila pada Siswa Kelas VA SD N 2 Pejagoan Tahun Ajaran 2024/2025
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh perlunya inovasi pemilihan model dan media dalam proses pembelajaran. Tujuan dilakukanya penelitian ini, yaitu mendeskripsikan langkah-langkah penerapan Problem based learning (PBL) berbantuan media mind mapping, meningkatkan kerja sama dan hasil belajar Pendidikan Pancasila, serta mengidentifikasi kendala dan solusinya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang melibatkan 22 siswa kelas VA SD N 2 Pejagoan dengan pengumpulan data melalui tes, non-tes, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan validitas menggunakan triangulasi, serta dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kerja sama siswa dari 72,71% di siklus I menjadi 90,62% di siklus III, serta hasil belajar meningkat dari 59,09% menjadi 95,45%. Kendala yang didapati berupa siswa yang pasif dalam komunikasi dan perbedaan kemampuan berpikir diatasi dengan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman serta memberikan bimbingan intensif. Disimpulkan bahwa Problem based learning (PBL) berbantuan mind mapping efektif meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.