Analisis Pengembangan Kurikulum Mikro Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Anita Permatasari, Effy Mulyasari, Deri Hendriawan, Eroh Rokayah, Elmi Hanjar Bait

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dalam Kurikulum Merdeka bertujuan menciptakan pembelajaran holistik dengan mengintegrasikan aspek ilmiah dan sosial untuk mendukung relevansi pendidikan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kurikulum mikro IPAS pada implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dan analisis isi untuk mengevaluasi struktur Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), serta relevansi materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CP dalam IPAS menetapkan standar kompetensi holistik, TP mendukung pembelajaran berbasis proyek yang kontekstual, dan ATP memastikan kesinambungan antar tema. Namun, implementasi IPAS menghadapi tantangan, seperti keterbatasan pelatihan guru, sumber daya, dan infrastruktur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi kurikulum mikro IPAS memerlukan dukungan strategis untuk mengatasi hambatan implementasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa abad ke-21. 

Keywords

kurikulum mikro, Kurikulum Merdeka, IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.