Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk Peningkatan Kompetensi Guru dalam Merancang Pembelajaran Inovatif

Juliati Juliati, Effy Mulyasari, Deri Hendrawan, Devi Anggraeni, Nunung Jubaedah

Abstract

Salah satu upaya pemerintah dalam peningkatan kompetensi adalah menyediakan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tingkat optimalisasi pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk peningkatan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran inovatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei, di mana data diperoleh melalui angket yang diberikan secara acak kepada 50 guru SD di wilayah Kabupaten Serang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PMM secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran inovatif. Analisis data menunjukkan bahwa 80% responden menganggap PMM mempermudah akses ke materi pelatihan dan alat pembelajaran yang relevan, 78% responden mengakui peningkatan dalam keterampilan merancang pembelajaran yang lebih kreatif dan efektif setelah memanfaatkan PMM, serta 78% responden memberikan respon positif terhadap tingkat kepuasan mereka dalam penggunaan PMM. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk memanfaatkan PMM  unruk meningkatkan kompetensi guru SD dalam merancang pembelajran inovatif.

Keywords

Pemanfaatan PMM, Kompetensi Guru, Pembelajaran Inovatif, Teknologi Pendidikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.