Integrasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Analisis Bibliometrik

Ida Rahayu, Effy Mulyasari, Deri Hendrawan, Rani Citra Mutia Bakti, Arif Munandar

Abstract

Integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter di sekolah dasar sangat penting dalam menghadapi tantangan globalisasi yang mengancam moralitas dan identitas nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren dan pola integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter menggunakan pendekatan bibliometrik. Data dikumpulkan melalui perangkat lunak Publish or Perish dari Google Scholar dan Scopus (2019–2024) dan dianalisis menggunakan VOSviewer untuk memetakan tren penelitian. Hasil menunjukkan enam klaster utama yang menghubungkan nilai-nilai Pancasila dengan tema seperti pendidikan moral, pendidikan kewarganegaraan, dan peran sekolah dalam pembentukan karakter. Klaster dengan frekuensi tinggi seperti "pendidikan moral" menekankan pentingnya kurikulum tematik dan strategi berbasis teknologi dalam memperkuat pendidikan karakter. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi nilai-nilai Pancasila secara efektif membutuhkan kolaborasi antara guru, sekolah, dan masyarakat.

Keywords

pendidikan karakter, nilai-nilai Pancasila, sekolah dasar, pendidikan kewarganegaraan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.