Analisis Struktur dan Isi Kurikulum Sekolah Dasar: Perbandingan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013

Maria Ulfah, Effy Mulyasari, Deri Hendriawan, Ahmad Suryadi, Suheti Suheti

Abstract

Pendidikan dasar membutuhkan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan struktur dan isi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan analisis dokumen resmi dan kajian akademis terkait. Temuan menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka menawarkan fleksibilitas dan pendekatan berbasis proyek, sementara Kurikulum 2013 lebih terpusat dengan pendekatan tematik terpadu. Implementasi Kurikulum Merdeka menghadapi tantangan kesiapan guru dan sumber daya yang belum merata. Kesimpulannya, Kurikulum Merdeka lebih adaptif terhadap tuntutan pendidikan modern, tetapi membutuhkan dukungan pelatihan dan infrastruktur yang memadai.

Keywords

Kurikulum Merdeka, Kurikulum 2013, pendidikan dasar, pendekatan tematik, pembelajaran berbasis proyek

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.