Pengembangan Kompetensi Digital Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Studi Kasus di SDN Bandung 1
Abstract
Menghadapi tantangan era digital dan implementasi Kurikulum Merdeka, pengembangan kompetensi digital guru di sekolah dasar menjadi krusial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi peningkatan kompetensi digital guru di SDN Bandung 1, Kabupaten Serang. Penelitian menggunakan metode studi kasus kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Hasil menunjukkan pelatihan intensif berbasis teknologi, kolaborasi antar guru, serta integrasi teknologi ke dalam rencana pembelajaran meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek yang interaktif. Tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, akses internet yang buruk, dan minimnya waktu pelatihan tetap menjadi hambatan. Solusi yang diterapkan meliputi penyediaan perangkat teknologi, jadwal pelatihan fleksibel, dan dukungan teknis. Transformasi ini meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa. Kesimpulannya, penguatan infrastruktur dan pelatihan berkelanjutan diperlukan untuk mendukung inovasi pendidikan di masa depan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.