Menulis Buku Harian Literasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Peserta didik Sekolah Dasar
Abstract
Literasi bahasa siswa sekolah dasar menjadi masalah besar bagi sistem pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif program peningkatan literasi siswa GELISMA (Gerakan Literasi Siswa Menulis dan Membaca) dan BULISKA (Buku Literasi Siswa di Kelas) dalam meningkatkan literasi mereka. Penelitian menggunakan metode campuran (Mixed Method) dengan desain Explanatory Sequential. Ini dimulai dengan survei dan tes literasi untuk data kuantitatif, dan kemudian data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa kebiasaan membaca, penggunaan jurnal literasi, dan penggunaan perpustakaan digital semuanya meningkat secara signifikan. Guru juga mengatakan bahwa siswa lebih termotivasi dan terlibat dalam aktivitas literasi. Berdasarkan hasil penelitian jurnal buku literasi dan perpustakaan digital telah terbukti efektif dalam meningkatkan literasi bahasa siswa dan layak diterapkan dalam jumlah yang lebih besar.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.