Keterbatasan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Studi Kasus di SDN Sanding 2

Hesti Wulandari, Effy Mulyasari, Deri Hendriawan, Dini Sugiarti, Rooa Kamel Hasan Abuluruq

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka menghadapi tantangan yang signifikan akibat keterbatasan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi guru di SDN Sanding 2 dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa guru mengalami kesulitan dalam memahami prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, kurang mengaplikasikan metode pembelajaran inovatif, serta minim mengikuti pelatihan yang relevan. Keterbatasan tersebut menyebabkan ketidaksesuaian antara rencana dan pelaksanaan pembelajaran serta rendahnya keterlibatan siswa. Disimpulkan bahwa pelatihan berkelanjutan dan peningkatan fasilitas pendukung sangat penting untuk meningkatkan kompetensi guru dan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka.

Keywords

kompetensi guru, Kurikulum Merdeka, pembelajaran inovatif, pelatihan guru, keterlibatan siswa

Full Text:

PDF

Refbacks