Penerapan Media Pembelajaran Virtual Reality (3D) Pada Materi Tata Surya di Kelas 6 SDN Banjar Agung 2 Kota Serang

Edi Rohyadi, Ujang Jamaludin, Dini Riani, Elma Novia Fitriani, Alifa Cantika Dewi, Hesti Mudzaifah, Devy Susanti, Laksmi Evasufi Widi Fajari

Abstract

Pendidikan di era abad ke-21 menuntut adanya inovasi pembelajaran berbasis teknologi yang tidak hanya relevan secara kontekstual, tetapi juga mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa serta pemahaman mendalam terhadap materi yang bersifat abstrak. Penelitian ini membahas penerapan teknologi Virtual Reality (VR) berbasis 3D sebagai media pembelajaran dalam materi Tata Surya di sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test tanpa kelompok kontrol. Sampel penelitian ini yaitu 30 siswa kelas 6 SDN Banjar Agung 2 Kota Serang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan VR mampu menciptakan pengalaman belajar yang imersif, interaktif, dan menarik, yang memungkinkan peserta didik untuk lebih mudah memahami konsep-konsep abstrak dalam materi Tata Surya, seperti rotasi, revolusi, dan fenomena gerhana. Rata-rata hasil belajar peserta didik juga meningkat, dari 55,3 pada pre-test menjadi 79,1 pada post-test, yang menunjukkan efektivitas VR dalam meningkatkan pemahaman dan pencapaian peserta didik dalam materi tersebut. Temuan ini menggambarkan potensi VR sebagai media pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam mendukung pengajaran konsep-konsep ilmiah yang kompleks. Oleh karena itu, disarankan untuk mengintegrasikan teknologi VR dalam proses pembelajaran untuk memfasilitasi pemahaman konsep-konsep yang sulit dipahami melalui metode konvensional.

Keywords

Virtual Reality; Tata Surya; Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.