Development of Gamification Learning Media Solfegio to Improve Singing Skills for Junior High School Students in Sukoharjo
Abstract
Penelitian yang berjudul Pengembangani Mediai Pembelajaran Gamifikasi Solfegio untuk Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi padai Siswa SMP di Sukoharjo ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran pada matapelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 3 Grogol; 2) Mengembangkan media pembelajaran Gamifikasi Solfegioi di SMP iNegeri 3 Grogol; 3) Mengujii keefektifan penggunaan media pembelajaran Gamifikasi Solfegio dalam meningkatkani iketerampilan bernyanyi siswa SMP Negeri 3 Grogol. Penelitianiipengembangan media pembelajaran ini menggunakan prosedur ADDIE. Uji keefektifan produk pengembangan menggunakaniiN-Gain. Hasil penelitian melalui uji sampel bebas (Mann-Whitney) menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata hasil belajar bernyanyi post-test kelompok eksperimen sebesar 87,20 sedangkan hasil posttest kelompok control sebesar 66,57 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001<0,05.Hasil uji N-Gain sebesar 0,7277, masuk dalam kategori yang memiliki keefektifan yang tinggi. Media pembelajaran Gamifikasi Solfegio terbukti efektif untuk meningkatan ketrampilan siswa bernyanyi di SMP Negeri 3 Grogol, dengan demikian melalui strategi pengembangan gamifikasi ini siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.