Development of Gamification Learning Media Solfegio to Improve Singing Skills for Junior High School Students in Sukoharjo

Wulandari Wulandari, Leo Agung S., Eka Budhi Santosa

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengembangani Mediai Pembelajaran Gamifikasi Solfegio untuk Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi padai Siswa SMP di Sukoharjo ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan dan menganalisis  pembelajaran pada matapelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 3 Grogol; 2) Mengembangkan media pembelajaran  Gamifikasi  Solfegioi di SMP iNegeri 3 Grogol; 3) Mengujii keefektifan penggunaan media pembelajaran Gamifikasi Solfegio dalam meningkatkani iketerampilan bernyanyi siswa SMP Negeri 3 Grogol. Penelitianiipengembangan media pembelajaran ini menggunakan prosedur ADDIE. Uji keefektifan produk pengembangan menggunakaniiN-Gain. Hasil penelitian melalui uji sampel bebas (Mann-Whitney) menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata hasil  belajar bernyanyi post-test kelompok eksperimen  sebesar 87,20 sedangkan hasil posttest kelompok control sebesar 66,57 dengan nilai signifikansi  sebesar 0,001<0,05.Hasil uji N-Gain sebesar 0,7277, masuk dalam  kategori  yang  memiliki  keefektifan yang  tinggi. Media pembelajaran Gamifikasi Solfegio terbukti efektif untuk meningkatan ketrampilan siswa bernyanyi di SMP Negeri 3 Grogol, dengan demikian melalui strategi  pengembangan gamifikasi  ini siswa  menjadi  lebih  termotivasi  untuk  belajar.

Keywords

Bernyanyi, Solfegio, Gamifikasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.