Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik
Abstract
Kemandirian belajar memiliki signifikansi yang besar bagi setiap individu terutama perkembangan intelektual, emosional, dan sikap mereka dalam proses pembelajaran. Studi ini bermaksud untuk mengidentifikasi pengaruh model mind mapping terhadap kemandirian belajar peserta didik. Jenis quasy experiment dengan penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Lokasi penelitian dilakukan pada peserta didik kelas sembilan di SMP MIBS Kebumen. Teknik purposive sampling dipilih sebagai cara pengambilan sampel. Data terkoleksi melalui penyebaran angket, observasi, dan dokumentasi. Data divalidasi dengan analisis korelasi produk moment dan diuji reliabilitas dengan analisis alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menguji prasyarat dan hipotesis. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis meliputi uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model mind mapping terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas IX di MIBS Kebumen dengan nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,024 atau hipotesis diterima. Maka, diperoleh kesimpulan berupa model mind mapping mempengaruhi kemandirian belajar peserta didik kelas sembilan di SMP MIBS Kebumen.
Keywords
Kemandirian belajar; mind mapping; quasy experiment
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.