Hubungan Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Se-Kecamatan Gumelar Tahun Ajaran 2023/2024

Tri Irmawati, Kartika Chrysti Suryandari, Moh Salimi

Abstract

Minat belajar dan kebiasaan belajar dibutuhkan agar siswa memiliki hasil belajar IPA yang baik. Penelitian ini bertujuan (1) membuktikan adanya korelasi positif antara minat belajar terhadap hasil belajar IPA; (2) membuktikan korelasi positif antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar IPA; (3) mengetahui korelasi positif antara minat belajar dan kebiasaan terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Hasil penelitian menujukkan minat belajar memiliki korelasi positif dengan hasil belajar IPA (Sig. 0,000 < 0,05) dengan nilai koefisien korelasi 0.393, Kebiasaan  belajar memiliki korelasi dengan hasil belajar IPA (Sig. 0,000 < 0,05) dengan nilai koefisien korelasi 0.544, serta minat belajar dan kebiasaan belajar memiliki korelasi dengan hasil belajar IPA (Sig. 0,000 < 0,05) dengan nilai koefisien korelasi 0.580. Semakin tinggi minat belajar dan kebiasaan belajar siswa secara bersama-sama, maka akan semakin baik pula hasil belajar IPA siswa. Upaya peningkatan minat belajar dan kebiasaan belajar siswa dapat dilakukan dengan mengubah suasana belajar dan menggunakan metode belajar yang bervariasi saat pembelajaran dan memperbaiki teknik belajar yang dilakukan siswa.

Keywords

minat belajar, kebiasaan belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.