Pengaruh Kemandirian Belajar dan Partisipasi Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Se-Gugus Wonoboyo Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar dan partisipasi orang tua terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN se-Gugus Wonoboyo tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini melibatkan 56 siswa kelas IV dari 3 sekolah dasar negeri yang berada dalam Gugus Wonoboyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa masih banyak siswa kelas IV yang belajar hanya ketika disuruh oleh orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar memiliki korelasi yang signifikan dengan hasil belajar IPAS siswa (rhitung 0,885 > rtabel 0,2632), yang berarti terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar IPAS. Selain itu, partisipasi orang tua siswa dalam kegiatan belajar siswa juga masih rendah. Sebagian besar orang tua tidak membimbing dan mengawasi siswa saat belajar di rumah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi orang tua juga memiliki korelasi yang signifikan dengan hasil belajar IPAS siswa (rhitung 0,849 > rtabel 0,2632). Analisis regresi menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan partisipasi orang tua secara bersamaan memengaruhi hasil belajar IPAS siswa, dengan kemandirian belajar memberikan kontribusi sebesar 52,05% dan partisipasi orang tua memberikan kontribusi sebesar 34,87%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa kemandirian dan partisipasi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN se-Gugus Wonoboyo tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
kemandirian, partisipasi orang tua, hasil belajar IPAS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.