Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Lego Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Metematika Materi Pecahan Kelas IV SD Negeri Sitibentar
Abstract
Pemberian konsep Matematika bagi siswa sekolah dasar perlu diselaraskan dengan model dan media ajar yang sesuai kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Discovery Learning berbantuan media Lego terhadap kreativitas dan hasil belajar Matematika materi pecahan kelas IV. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SD Negeri Sitibentar yang berjumlah 22 siswa. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Validitas data diuji melalui triangulasi teknik dan sumber yang kemudian dianalisis menggunakan model Miles and Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas dan hasil belajar Matematika siswa meningkat pada siklus I, II, dan III. Kreativitas siswa meningkat dari 77,94% pada siklus I, 87,50% siklus II, lalu 90,91% pada siklus III. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 72,72%, siklus II 86,36, dan siklus III 90,91%. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berbantuan media Lego dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar Matematika materi pecahan kelas IV SD Negeri Sitibentar tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.