Penerapan Metode Montessori untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 2 Gemeksekti Tahun Ajaran 2023/2024

Hardhina Renata Fitri, Moh Salimi, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah metode Montessori, meningkatkan keterampilan membaca permulaan, meningkatkan hasil belajar, serta mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemui dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas I SD Negeri 2 Gemeksekti. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian  mendeskripsikan langkah metode Montessori yaitu (1) menyanyikan lagu fonik, (2) meraba huruf dengan sandpaper letter, (3) membaca nyaring, dan (4) menyusun kata. Metode Montessori dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan dan hasil belajar siswa. Keterampilan membaca permulaan siswa pada siklus I = 65,53%, siklus II = 77,90%, dan siklus III = 86,31%. Hasil belajar pada siklus I = 42%, siklus II = 65%, dan siklus III = 89%. Kendala dan solusi yang dialami dalam pembelajaran dapat diatasi dengan baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Montessori dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan dan hasil belajar pada siswa kelas 1 SD Negeri 2 Gemeksekti tahun ajaran 2023/2024.

Keywords

Metode Montessori, Keterampilan Membaca, Membaca Permulaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.