Implementasi Model Vizualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dengan Pendekatan Diferensiasi terhadap Kemampuan Problem Solving Pembelajaran IPS Siswa Kelas III

May Linda Putri Azzahra, Kartika Chrysti Suryandari, Muhamad Chamdani

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri sebagai integrasi dari sejumlah konsep disiplin ilmu sosial, humaniora, sains bahkan berbagai isu dan masalah sosial kehidupan. Isu dan masalah sosial tersebut dapat mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan problem solving. Tujuan penelitian ini untuk mengukur dampak penerapan model pembelajaran VAK dengan pendekatan diferensiasi terhadap kemamouan problem solving pembelajaran IPS siswa kelas III SD Negeri 4 Bumirejo. Metode penelitian  yang digunakan merupakan pada penelitian tindakan kelas ini yaitu kulitatif dan kuantitatif. Peneliti berkolaborasi bersama guru kelas dalam pelaksanaannya. Salah satu cara meningkatkan kemampuan problem solving siswa kelas III adalah dengan mengimplementasikan model VAK dengan pendekatan diferensiasi pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi transportasi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran VAK dengan pendekatan diferensiasi mampu meningkatkan kemampuan problem solving siswa pada pembelajaran IPS secara signifikan.

Keywords

VAK, Diferensiasi, Problem Solving, IPS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.