Penerapan Model Think Pair Share dengan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Giritirto Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Think Pair Share dengan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPAS, (2) meningkatkan pembelajaran IPAS melalui model Think Pair Share dengan media video pembelajaran, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Think Pair Share dengan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPAS. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas V SDN 2 Giritirto. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar pada siklus I = 80,55%, siklus II = 86,10% dan siklus III = 94,44%. Sedangkan hasil penerapan model Think Pair Share terhadap guru pada siklus I, II, dan III, yaitu 80,83%, 86,94%, dan 94,44%.Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model Think Pair Share dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas V SD Negeri 2 Giritirto Tahun Ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.