Penerapan Model Think Pair Share dengan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Giritirto Tahun Ajaran 2023/2024

Ivo Anggriani Uzi Sabrina, Muhamad Chamdani, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Tujuan penelitian ini  yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Think Pair Share dengan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPAS,  (2)  meningkatkan pembelajaran IPAS melalui model Think Pair Share dengan media video pembelajaran,  (3)  mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Think Pair Share dengan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPAS. Subjek penelitian ialah guru  dan siswa kelas V SDN 2 Giritirto. Data yang digunakan  berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan  data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas  data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan  penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar pada  siklus I = 80,55%, siklus II = 86,10% dan siklus III = 94,44%. Sedangkan hasil penerapan model Think Pair Share terhadap guru pada siklus I, II, dan III, yaitu 80,83%, 86,94%, dan 94,44%.Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model Think Pair Share dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas V SD Negeri 2 Giritirto Tahun Ajaran 2023/2024.

Keywords

Think Pair Share, media video pembelajaran, Hasil Belajar IPAS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.