Penerapan Metode Snowball Throwing (ST) untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila tentang Mengenal Karakteristik Wilayah Tempat Tinggal pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Prembun Tahun Ajaran 2023/2024

Sheila Yuliantono Putri, Muhamad Chamdani, Suhartono Suhartono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan langkah-langkah penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas V. PTK kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V. Data yang digunakan yaitu berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama siswa dan hasil belajar Pendidikan Pancasila meningkat pada siklus I,II,III. Kerja sama siswa meningkat dari 76,56%  pada siklus I, meningkat pada siklus II menjadi 85,94%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 88,54%. Sedangkan hasil belajar meningkat dari nilai rata-rata 71,43% pada siklus I, meningkat pada siklus II menjadi 82,14%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 92,86%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan kerja sama siswa dan hasil belajar Pendidikan Pancasila tentang mengenal karakteristik wilayah tempat tinggal pada siswa kelas V SDN 2 Prembun Tahun Ajaran 2023/2024.

Keywords

Snowball Throwing, kerja sama siswa, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.