Profil Siswa Kelas IV Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kerja Sama Dengan Model Scientific Reading Based Project (SRBP)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kerja sama siswa dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 4 Bumirejo. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan proyek, observasi, wawancara, angket, dan dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kerja sama siswa. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa mampu mengerjakan proyek dengan sejumlah ide, mampu menjawab dengan berbagai cara dan dari sudut pandang yang berbeda, adanya peningkatan pengetahuan siswa, dan siswa mampu mengembangakan proyek. Peningkatan kerja sama pada penelitian ini yaitu siswa dapat menyampaikan pendapat dengan percaya diri, ringan tangan, dan mampu mengendalikan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang menggangu diskusi. Respon siswa terhadap penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari antuasias, minat, dan semangatnya siswa ketika pembelajaran berlangsung.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.