Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Menumbuhkan Sikap Kreatif Siswa di SD Sains Nusantara Tahun Ajaran 2023/2024

Muhammad Fikriy Fadhilah Rosyid, Moh. Salimi, Suhartono Suhartono

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila dan (2) mendeskripsikan profil sikap kreatif siswa di SD Sains Nusantara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P-5 di SD Sains Nusantara dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan diskusi bersama pihak-pihak terkait untuk menentukan tema P-5, pelaksanaan dilaksanakan di dalam jam pembelajaran melalui pembelajaran P-5 dan di luar jam pembelajaran melalui pembiasaan-pembiasaan, serta evaluasi dilakukan kepala sekolah kepada guru dan guru kepada siswa . Sikap kreatif siswa SD Sains Nusantara sudah membudaya dilihat dari tercapainya indikator sikap kreatif yaitu menghasilkan ide orisinal, menciptakan karya orisinal, menemukan solusi, memiliki rasa ingin tahu, berani, dan menghargai.

Keywords

Kreatif, Profil Pelajar Pancasila, P-5

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.