Media Edutainment Berbasis Bahan 3R Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila
Abstract
Proses pembelajaran yang monoton belum menggunakan media ataupun kegiatan permainan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan berupa media edutainment berbasis bahan 3R terintegrasi profil pelajar Pancasila pada materi mengubah bentuk energi untuk sekolah dasar. Jenis penelitian yang dilakukan Research and Development (R&D), dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE ini merupakan singkatan dari Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Hasil penelitian dan pengembangan produk berupa media edutainment bernama Jelajah Sumber Energi yang terdiri dari 3 permainan diantaranya papan petualangan, papan menara susun, dan papan susun kata. Data kevalidan dari media edutainment dilihat dari ahli materi skor 4,00, ahli media skor 3,90. Kepraktisan uji coba kelompok skor 3,53, uji coba lapangan skor 3,55. Penilaian guru keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media skor3,83. Keefektifan data pretest dan posttest uji coba kelompok skor 0,71, uji coba lapangan skor 0,62, Produk media edutainment berbasis bahan 3R terintegrasi Profil Pelajar Pancasila materi mengubah bentuk energi di SD Swasta Purworejo layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas IV.
Keywords
Media Edutainment, Bahan 3R, dan Profil Pelajar Pancasila
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.