Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Peningkatan Hasil Belajar PPKN pada Kelas III Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar karena guru banyak menggunakan metode ceramah sehingga siswa pasif dan kurang memperhatikan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar PPKn materi pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Subjek penelitian ini adalah guru serta siswa kelas III SD Negeri 2 Bayem yang berjumlah 20 siswa. Data yang digunakan merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan evaluasi. Validitas data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar PPKn dengan menerapkan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yaitu tingkat ketuntasan siswa pada siklus I = 77,5% dan meningkat pada siklus II = 92,5%.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.