Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Multimedia untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas III
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model PBL dengan multimedia, (2) meningkatkan kerja sama, (3) meningkatkan hasil belajar, (4) mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemukan dalam penerapan model PBL dengan multimedia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian guru dan siswa kelas III SDN 1 Gemeksekti. Data yang digunakan data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data teknik nontes yaitu observasi dan wawancara, teknik tes berupa tes tertulis. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) penerapan model PBL dengan langkah-langkah yaitu (a) orientasi masalah dengan multimedia, (b) pengorganisasian siswa dengan multimedia,(c) membimbing siswa melakukan penyelidikan, (d) mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi dengan multimedia, (e) analisis dan evaluasi dengan multimedia, (2) kerja sama siswa meningkat. Rata-rata hasil observasi siklus I = 76,56%, siklus II = 82,29% dan siklus III = 89,58%, (3) hasil belajar mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siklus I = 48,21%, siklus II= 75%, siklus III= 92,86%, 4) Kendala dan solusi dalam penelitian yaitu siswa kurang aktif mengikuti pembelajaran, solusi yang diberikan yaitu guru memotivasi siswa agar aktif dan mengapresiasi siswa. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model PBL menggunakan multimedia dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar tentang cuaca pada siswa kelas III SDN 1 Gemeksekti tahun ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.