Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Media Komik dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Datar Siswa Kelas IV
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah penerapan pendekatan RME dengan media komik untuk meningkatkan pembelajaran matematika, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun datar, (3) kendala dan solusi yang ditemui. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri dari guru, peserta didik kelas IV SDN 1 Karangsari. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu: (1) penerapan pendekatan RME dengan media komik melalui langkah-langkah: (a) memahami masalah kontekstual dengan media komik, (b) menjelaskan masalah kontekstual dengan media komik, (c) menyelesaikan masalah dengan media komik, (d) membandingkan dan mendiskusikan jawaban, (e) menyimpulkan hasil diskusi. (2) Ketuntasan hasil belajar pada ranah kognitif enunjukkan peningkatan dengan rincian: siklus I mencapai 82,6%, siklus II mencapai 86,95%, dan siklus III mencapai 91,30%. (3) Kendala yang dijumpai peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan masalah, solusinya guru mengarahkan peserta didik untuk berdiskusi dan bertanya kepada guru kendala yang dihadapi. Disimpulkan penerapan pendekatan RME dengan media komik dapat meningkatkan pembelajaran matematika kelas IV.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.