Pengembangan Video Pembelajaran pada Materi Ekosistem untuk Kelas V di SDN Jurumudi Baru

Syifa Maulida Halah, Nana Hendracipta, Ana Nurhasanah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan dan respons peserta didik terhadap video pembelajaran pada materi Ekosistem mata pelajaran IPAS kelas V SD. Metode yang dipakai untuk penelitian ini adalah Research and Development atau riset dan pengembangan dengan model 4D rancangan S. Thiagarajan dkk. dengan tahapan define, design, development, dan dissemination. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara untuk mendefinisikan masalah serta menentukan solusi dan penyebaran angket untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan menurut ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi, serta untuk mengetahui respons siswa kelas V SDN Jurumudi Baru. Hasil penelitian menunjukan rerata hasil uji validasi ahli media 88% kriteria “sangat layak”, hasil uji validasi materi sebesar 90% kriteria “sangat layak”, hasil uji validasi praktisi sebesar 82% kriteria “sangat layak”, hasil respons peserta didik sebesar 96,86% kriteria “sangat layak”. Dengan begitu, video pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran ekosistem di kelas V SD.

Keywords

Video pembelajaran, IPAS, ekosistem, siswa kelas V SD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.