Pengembangan Media Pembelajaran IPA Melalui Aplikasi Zepeto Kinemaster untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Siklus Air di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemenfaatan media audio visual pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air di Sekolah Dasar. Metodologi yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), dengan acuan prosedur pengembangan model ADDIE (Analize, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil kelayakan media yang dilakukan oleh tim ahli media dan tim ahli materi menunjukkan bahwa kelayakan dari media video pembelajaran IPA dari tim ahli media mendapatkan skor sebesar 86,6%, penilaian kelayakan menurut ahli materi yang mendapatkan skor rata-rata sebesar 89,5%. Respon peserta didik terhadap media video pembelajaran IPA menunjukkan respon positif dengan skor rata-rata yang didapatkan sebesar 97%. Peningkatan hasil belajar siswa pada materi siklus air menunjukkan peningkatan yang bagus dengan perolehan skor sebesar 0,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Presentase kelayakan dari ahli media termasuk kategori “Sangat Valid”, ahli materi termasuk kategori “Sangat Valid”, respon siswa terhadap media pembelajaran termasuk kategori “Sangat Valid”, dan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori “Tinggi. Sehingga media Video Pembelajaran IPA melalui aplikasi Zepeto Kinemaster layak digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar.
Keywords
Media, Zepeto, Kinemaster, Hasil Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.