Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Elektronik Interaktif berbasis Scientific Reading Based Project pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat memunculkan berbagai inovasi teknologi dalam pendidikan, salah satunya yaitu pengembangan modul elektronik sebagai salah satu bentuk media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan awal pengembangan modul elektronik interaktif berbasis scientific reading based project. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kurikulum yang digunakan adalah kurikulum merdeka, (2) bahan ajar yang digunakan hanya memanfaatkan buku dari pemerintah sebagai sumber bacaan, serta (3) belum dilakukannya kegiatan scientific reading sebelum implementasi proyek pembelajaran. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa diperlukan bahan ajar yang dapat memfasilitasi siswa belajar secara mandiri dengan mengintegrasikan keterampilan abad ke-21 yang relevan dengan kebutuhan siswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.