Pengaruh Model Pembelajaran PjBL berbasis STEM terhadap Hasil Belajar IPAS (Gaya di Sekitar Kita) pada Peserta Didik Kelas IV di SDN Taman 01 Grujugan Bondowoso
Abstract
Kebiasaan penggunaan model pembelajaran yang berfokus pada guru berakibat negatif terhadap keaktifan siswa serta hasil belajarnya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dampak dari model PjBL berbasis STEM terhadap hasil belajar IPAS. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan pola Non- Equivalent Control Group Desaign. Hasil penelitian menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 5,144 >2,032, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil perhitungan uji ER diperoleh hasil sebesar 46,2% yang artinya tingkat keefektifan relatif sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model PjBL berbasis STEM terhadap hasil belajar IPAS (Gaya di Sekitar Kita) pada peserta didik kelas IV di SDN Taman 01 Grujugan Bondowoso.
Keywords
PjBL, STEM, Hasil Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.