Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Multimedia untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila pada Siswa Kelas V SDN 3 Krakal Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan PBL menggunakan multimedia, (2) meningkatkan kerja sama pendidikan pancasila, (3) meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila, (4) mendeskripsikan kendala dan solusi penelitian. PTK dilaksanakan tiga siklus. Subjek penelitian guru dan siswa kelas V. Data yang digunakan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data teknik nontes yaitu observasi dan wawancara, teknik tes berupa tes tertulis. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan model PBL menggunakan multimedia dilakukan 5 langkah, (2) peningkatan kerja sama. Siklus I = 78,89%, siklus II = 84,17% dan siklus III = 91,11%, (3) peningkatan hasil belajar. Siklus I = 70,59%, siklus II= 85,29, siklus III= 94%, (4) kendala penelitian yaitu siswa pasif, solusi yang diberikan yaitu ice breaking dan motivasi. Kesimpulan penelitian yaitu penerapan model PBL menggunakan multimedia meningkatkan kerja sama dan hasil belajar pendidikan pancasila
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.