Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dengan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kreativitas dalam Membuat Karya Dekoratif Mata Pelajaran Seni Rupa pada Siswa Kelas IV SD

Alya Zuhdiyanti, Rokhmaniyah Rokhmaniyah, Tri Saptuti Susiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model PjBL dengan media audiovisual, (2) meningkatkan kreativitas melalui penerapan model PjBL dengan media audiovisual, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model PjBL dengan media audiovisual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas IV SDN 1 Klapasawit berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan model PjBL dengan media audiovisual dapat dilakukan dengan (a) menentukan pertanyaan mendasar dengan media audiovisual, (b) membuat perencanaan proyek dengan media audiovisual, (c) menyusun jadwal pelaksanaan, (d) monitoring perkembangan proyek, (e) penilaian hasil proyek, dan (f) evaluasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dalam membuat karya dekoratif di mana pada siklus I sebesar 81,89%, siklus II sebesar 89,33%, dan siklus III sebesar 91,18%. Kendala dalam penerapan model PjBL dengan media audiovisual yaitu (a) guru belum memberikan motivasi kepada siswa karena waktu pembelajaran habis dan (b) siswa tidak tertib dalam menyampaikan pendapatnya. Adapun solusi yang dapat diterapkan yaitu (a) guru sebaiknya memberikan motivasi selama pembelajaran berlangsung dengan afirmasi positif dan (b) guru memberikan peringatan tegas kepada siswa yang tidak tertib dalam menyampaikan pendapatnya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model PjBL dengan media audiovisual dapat meningkatkan kreativitas dalam membuat karya dekoratif pada siswa kelas IV SD.

Keywords

Project Based Learning (PjBL), audiovisual, kreativitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.