Studi Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Pada Materi Pendapatan Nasional
Abstract
Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pendapatan nasional, karena setiap model memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing yang dapat memberikan kontribusi yang berbeda terhadap proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran terhadap mata pelajaran pendapatan negara, serta model pembelajaran yang memiliki dampak paling besar terhadap keberhasilan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metodologi tinjauan pustaka sistematis yang dipandu oleh PRISMA. Meta analisis digunakan untuk mengetahui effect size pada setiap penelitian terdahulu yang telah dikumpulkan dan berhasil mendapatkan 24 sampel jurnal yang bersumber dari jurnal nasional maupun internasional. Kemudian dilakukan screening, dipilih jurnal yang hanya diterbitkan dari tahun 2018 – 2023 untuk mendapatkan hasil yang paling terbaru dari penelitian. Proses screening menghasilkan 14 jurnal yang sesuai dan akan dilakukan analisis meta. Hasil penelitian menyatakan rata-rata nilai effect size secara keseluruhan diperoleh sebesar 0,858. Dari hasil penelitian, yang berarti model pembelajaran memberikan pengaruh besar dalam keberhasilan kegiatan pembelajaran materi Pendapatan Nasional. Selain itu rata-rata penghitungan besar dampak setiap model berdasarkan total sampel yang diterima adalah sebesar 0,858, dengan model pembelajaran discover learning mempunyai pengaruh paling tinggi sebesar 0,961.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.