Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Keterampilan Seni Rupa Kelas IV Gugus V SD Negeri Kota Bengkulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar keterampilan seni rupa kelas IV gugus V SD Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian The Matching Only Posttest Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan antara data nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penggunaan metode demonstrasi. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai uji Wilcoxon Asymp. Sig. (2-Tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada perbedaan antara posttest pada kelas eksperimen dan kontrol dalam hasil belajar keterampilan penggunaan metode demonstrasi, sehingga terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar keterampilan seni rupa di kelas IV gugus V SD Negeri Kota Bengkulu.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.