Analisis Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Sitibentar Tahun Ajaran 2023/2024

Rizal Talentiano, Muhammad Chamdani, Achmad Basari Eko Wahyudi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kemampuan literasi membaca peserta didik, kendala dan strategi peningkatan kemampuan literasi membaca. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi berpartisipasi pasif, wawancara siswa dan guru, tes tulis, tes lisan serta studi dokumen. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi teknik. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu 9,1% peserta didik dengan kemampuan literasi membaca perlu intervensi khusus, 40,1% peserta didik dengan literasi membaca tingkat dasar, 40,1% peserta didik dengan literasi membaca tingkat cakap, dan 9,1% peserta didik dengan kemampuan literasi membaca tingkat mahir. Mayoritas kendala berhubungan dengan fasilitas pendukung. Strategi yang dapat dilakukan yaitu pembelajaran berbasis literasi, pembiasaan membaca 15 menit, menata sarana dan lingkungan kaya literasi, dan menciptakan lingkungan kaya teks. Simpulan penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Sitibentar memiliki kemampuan literasi membaca sedang, karena 11 dari 22 atau 50% peserta didik memenuhi kompetensi minimum.

Keywords

literasi, kemampuan literasi membaca, peserta didik sekolah dasar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.