Penerapan Model Guided inquiry Based Learning Berbantuan Media Chromebook untuk Meningkatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Sikap Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran IPAS pada Siswa Kelas V SD

Shiva Ayusa Kusumaning Rahayu, Ngatman Ngatman, Kartika Chrysti Suryandari

Abstract

Sikap mandiri harus ditanamkan pada siswa, karena dapat mempengaruhi motivasi dan usahanya dalam menyelesaikan tugas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila aspek sikap kemandirian belajar dalam pembelajaran IPAS melalui model guided inquiry based learning berbantuan media chromebook pada siswa kelas V SDN 4 Tamanwinangun. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SDN 4 Tamanwinangun yang berjumlah 18 siswa. Data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Validasi data yang diperoleh menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini terdapat peningkatan sikap kemandirian belajar dari siklus I-III, sehingga dapat disimpulkan bahwa model guided inquiry based learning berbantuan media chromebook dapat meningkatkan profil pelajar Pancasila aspek sikap kemandirian belajar siswa kelas V SDN 4 Tamanwinangun. 

Keywords

profil pelajar Pancasila, kemandirian, guided inquiry based learning, chromebook, pembelajaran IPAS.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.