Bagaimana Persepsi Guru dan Siswa Sekolah Dasar tentang Pekerjaan Rumah?

Ratna Hidayah, Banu Setyo Adi

Abstract

Pemberian pekerjaan rumah menjimbulkan pendapat pro dan kontra serta dapat sebagai sebuah dilema bagi guru dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi guru dan siswa sekolah dasar terhadap PR. Penelitian ini merupakan kualitatif interpretatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan wawancara. Temuan menunjukkan bahwa tidak ada responden yang menyatakan keraguan tentang kebutuhan atau kegunaan pekerjaan rumah. Guru adalah yang paling positif tentang pekerjaan rumah, siswa memiliki perasaan negatif dan tidak mendapatkan manfaat dan merasa terbebani dengan pekerjaan rumah. Perbedaan pandangan antara guru dan siswa, maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menggali strategi atau model pekerjaan rumah yang tepat bagi siswa sekolah dasar.

Keywords

Persepsi guru, persepsi siswa, pekerjaan rumah

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.