Intervensi Dini Berbasis Keluarga untuk Anak dengan Keterlambatan Bahasa dan Bicara
Abstract
Virus berpengaruh di dalam kehidupan manusia sehingga menjadi materi esensial di kelas X SMA/MA sekaligus modal belajar di Fakultas Kedokteran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengalaman guru biologi dalam pembelajaran virus. Penelitian ini merupakan penelitian observasional cross sectional dengan menggunakan kuesioner. Responden adalah guru biologi SMA/MA se-Sidoarjo. Data dikuantifikasi, penyajian data, dan dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil didapatkan dominan guru menilai materi tergolong sedang (56%), jurusan S-1 Biologi (69%), pernah kesulitan ketika menyampaikan materi (94%) dan menjawab pertanyaan siswa (78%) tentang proses/ mekanisme (31%), sarana prasarana laboratorium biologi kurang menunjang topik virus (83%), membuat model virus 3 dimensi sebagai aktivitas praktikum (36%), virus bakteriofage paling banyak dikenalkan kepada siswa (22%). Guru mengajarkan topik virus HIV tetapi masih ditemukan 8% guru belum menguasai konsep virus dengan baik. Topik virus SARS dijelaskan dengan lancar (28%). Data ini menjadi referensi untuk penelitian pendidikan kedokteran, selain itu program pengabdian masyarakat kepada guru.
Keywords
Pengalaman; Guru; Sekolah; Biologi; Virus
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.